Kimia Farma Buka Cabang Di Malaysia

PT Kimia Farma Tbk (KAEF) merambah pasar hingga level internasional, perseroan berencana melakukan ekspansi dengan memperluas jaringan apotek yang telah dimiliki ke level regional Asia Tenggara. Hingga akhir tahun perseroan berencana membuka tiga apotek.

http://robust-chemical.com/lemari-asam-fume-hood-based-on-wooden-structure/

"Kami berniat memperluas jaringan hingga ke Asia, rencananya Juni 2013 kami mau meresmikan satu apotek kami di Malaysia dan dua lagi menyusul dalam tahun ini," ujar Presiden Direktur KAEF Rusdi Rosman di Jakarta, Senin.

Lebih lanjut dia menjelaskan, perseroan juga berencana membuka di beberapa negara sebagai tujuan pengembangan jaringan seperti Filipina, Vietnam, Kamboja dan bahkan juga Arab Saudi.

"Kami juga sangat membuka diri terhadap produsen farmasi nasional lainnya, terutama dari kalangan BUMN, untuk ikut memasarkan produknya melalui jaringan apotek Kimia Farma,"jelasnya.

Rusdi menambahkan, saat ini pihaknya juga di Malaysia menggandeng pihak lain, yaitu Averroes. Menurutnya pihak Averroes akan semakin diuntungkan karena produk jualannya makin banyak.

Sebagai informasi, rencana perseroan  membuka jaringan apotek di Malaysia sudah terdengar sejak tahun 2011 lalu dan mulai diwujudkan pada tahun ini. Adapun dana investasi tersebut sebesar Rp3 miliar per apotek dengan sumber dana dari perbankan.

Sementara itu, rencana ekspansi tersebut diharapkan dapat menambah target pendapatan sekitar Rp100 miliar hingga akhir tahun dibandingkan sebelumnya sebesar Rp60 miliar.