ISIS menyebut serangan di kawasan kelas atas di Jakarta Pusat

ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan terpadu bom dan senjata api kepada hri Kamis (14/1) di Jakarta yang menewaskan tujuh orang, termasuk juga lima penyerang.

perang suriah terkini .adv - Kantor kabar Aamaq yang terkait ISIS menyebuntukan serangan di kawasan kelas atas di Jakarta Pusat itu "menarget warganegara asing dan pasukan keamanan yang bertugas melindungi mereka."

Pada Awal Mulanya, Kepala Divisi Humas POLRI Anton Charliyan mengemukakan suatu group berafiliasi bersama ISIS mungkin saja gede di balik serangan itu, dan bahwa para penyerang bisa jadi akbar berikhtiar meniru serangan-serangan teror baru-baru ini di Paris.

Kepala polisi Jakarta, Tito Karnavian, menyampaikan, satu orang masyarakat Indonesia di Suriah bertanggung jawab. "Semua pemimpin ISIS di Asia tenggara berkompetisi untuk jadi pemimpin regional".

Tito Karnavian mengemukakan terhadap para jurnalis, "Karena itulah tokoh ISIS Indonesia, Bahrun Naim mendesain serangan ini."

Kekerasan itu dimulai dengan serangkaian ledakan menjelang tengah hri di kawasan dekat pusat perbelanjaan kelas atas, hotel-hotel mewah, kantor-kantor kedutaan agung dan gedung-gedung perkantoran yang lain. Dengan Cara total, ada enam ledakan yang dilaporkan.

Militan terlibat dalam baku tembak sengit dengan polisi sepanjang hri. Kepada sore hri, pihak mempunyai wewenang menyebuntukan serangan mogok, seraya menyebut lima militan tewas. Dua orang yang lain, seseorang penduduk negeri kanada dan satu orang penduduk Indonesia serta tewas, kata polisi.

Jalan Thamrin, jalan raya penting area terjadinya serangan, waktu ini sudah di buka kembali. Sewaktu membersihkan kawasan itu, polisi menyebut mereka memperoleh satu bom akbar dan lima bom mungil yang belum meledak. Belum terang kenapa bom-bom tersebut tak meledak.

Serta belum terang kenapa ISIS pilih menyerang Jakarta. Pihak mempunyai wewenang Indonesia terhadap Nopember dulu menerima ancaman dari ISIS menyangkut serangan terpadu di ibukota.

"Sekitar Natal dan Thn Baru ada ancaman dari ISIS bahwa mereka dapat jalankan apa yang mereka sebut ‘konser’ di Jakarta, artinya mereka dapat meledakkan bom di sekian banyak ruangan dengan cara bersamaan," kata jurnalis VOA Frans Demon.

Seseorang saksi mata menyampaikan terhadap VOA bahwa sedikitnya satu serangan berjalan di dekat suatu pos polisi, sementara satu yang lain berjalan di luar satu buah kedai kopi Starbucks. Starbucks setelah itu menyebut menutup semua gerainya di Jakarta sbg pengamanan.

"Ini kawasan perbelanjaan dengan restoran-restoran dan gedung-gedung perkantoran yang amat sangat ternama. Kurang Lebih 50 meter dari sana terletak kantor PBB. Kedutaan Gede Amerika kira kira 400 atau 500 meter dari sana, tak jauh dari istana presiden. Menjadi ini ruangan yang lokasinya memang ditengah," kata Demon.

Kedutaan Agung Amerika di Jakarta menyebuntukan dapat masihlah tutup hri Jumat (15/1) sbg perbuatan berjaga-jaga menyusul serangan hri Kamis.

dongeng rakyat .adv - Menurut para saksi mata, sekian banyak ledakan disebabkan oleh tersangka serangan bom bunuh diri, walaupun petinggi kepolisian menyebut para penyerang melemparkan granat selama mereka berlalu bersama sepeda motor.

Presiden Joko Widodo, berkata di satu buah stasiun tv setempat, mengutuk "aksi-aksi teror" itu, seraya menekankan pihak mempunyai hak sedang berikhtiar menanggulangi situasi.

"Bangsa dan rakyat kita tak boleh takut. Kita tak bakal dikalahkan oleh aksi-aksi teror ini. Aku mengharapkan penduduk terus santai," kata presiden, yang sedang melawat ke Jawa Barat.

Para pemimpin di kawasan pun menyebuntukan belasungkawa dan meningkatkan langkah-langkah keamanan.

Menteri Luar Negara Australia Julie Bishop mengutuk kekerasan itu dan menawari "bantuan apapun yang bisa jadi difungsikan Indonesia buat menyikapi serangan-serangan ini."

Pertama Menteri Malaysia Najib Razak menyampaikan dia "terkejut dan sedih" oleh serangan itu. Malaysia "siap menopang dengan trick apapun," jelasnya lewat Twitter.

Kepolisian Malaysia menyebuntukan mereka meningkatkan kewaspadaan keamanan ke "tingkat paling atas," menambah patrol polisi di tempat-tempat umum dan meningkatkan pemantauan pada para pelaku teroris.

Di Singapura, para petinggi menyebut mereka "sangat terkejut" atas serangan di Indonesia dan pun meningkatkan langkah-langkah keamanan.

Indonesia, negeri yang mayoritas penduduknya Muslim, sudah jadi sasaran sekian banyak serangan teroris. yang menonjol ialah serangan bom Bali th 2002 yang menewaskan 202 orang, rata-rata turis asing.

Sebelum hri Kamis, serangan terakhir kepada beberapa orang asing merupakan pengeboman ganda di satu buah hotel di Jakarta terhadap thn 2009.

Jakarta sudah lama memperingatkan menyangkut ancaman rekrutmen oleh ISIS dan kelompok-kelompok ekstremis lain. Beberapa Ratus orang Indonesia diyakini sudah berangkat buat ikut berjuang dengan ISIS di Suriah dan Irak. [uh/sp]