Investasi yang sangat menjanjikan

f:id:doni09hermawan:20160923175021j:plain

Taukah Anda jika tren gaya hidup modern ternyata tidak selamanya bikin sengsara? Sebagai contoh, sebut saja tren tinggal di hunian modern seperti apartemen. Jika Anda jeli, model hunian seperti ini bisa Anda jadikan investasi loh!

“Memanfaatkan tren adalah pilihan bisnis yang cerdas!” puji Mike Rini Sutikno, CFP, Financial Planner dari Mitra Rencana Edukasi (MRE). “Anda bisa meraup untung tanpa perlu takut risiko kehilangan investasi dari bisnis seperti ini,” tambahnya lagi.

Pastinya ada sejumlah keungulan jika Anda berinvestasi pada apartemen (strata tittle) dibandingkan rumah (landed house). Katakan saja lokasi apartemen biasanya dibangun di daerah yang strategis, berbeda dengan rumah yang biasanya ditawarkan di daerah pinggiran kota.

http://forticeoffice.com/serviced-office-jakarta-surabaya/

Selain itu, infrastruktur atau fasilitas yang diberikan pihak pengembang pada apartemen jelas lebih baik seperti keamanan, sarana olahraga, kebersihan. Dan pastinya tingkat huniannya pun lebih tinggi.

Dan menurut Mike Rini, berikut adalah sejumlah aspek yang harus Anda penuhi dan pahami agar pilihan investasi ini bisa memenuhi nilai komersil yang tinggi.

Pemilihan lokasi

Lokasi apartemen yang diminati adalah yang berada dekat pusat bisnis, atau minimal memiliki akses yang mudah. Begitu juga dengan akses keluar masuk dari dan ke lingkungan apartemen. Ingat, peminat apartemen umumnya pekerja, professional, dan pebisnis dengan aktifitas bisnis tinggi.

Kenali juga siapa target market Anda. Jika menyasar ekspatriat, maka pahami dulu kebiasaan dan gaya hidup mereka. Umumnya mereka memiliki komunitas dan cenderung tinggal di lingkungan yang berdekatan.

Aspek hukum

Kelengkapan surat izin apartemen, seperti block plan, izin pendahuluan, IMB, sertifikat atas tanah (Hak Guna Bangunan atau HGB).

Hal ini agar Anda terhindar dari kerugian seperti membeli apartemen dengan status kepemilikan tanah yang tidak jelas – agar status kepemilikan unit apartemen yang dibeli tidak tersangkut masalah.

Fasilitas

Seperti adanya pusat kebugaran (gym), fasilitas olahraga (lapangan; tenis, kolam renang), restoran dan kafe, areal parkir, taman, jumlah lift, dan lain sebagainya.

Properti manajemen

Pengelola gedung atau properti manajemen dari apartemen sangat mempengaruhi pelayanan yang diberikan kepada penghuni maupun tamunya.

Pengelolaan ini meliputi kualitas kebersihan, keamanan, dan kenyamanan selama tinggal di apartemen tersebut.

Dana

Sesuaikan investasi apartemen dengan budget Anda. Jangan lupa, alokasikan untuk biaya notaris dan pajak. Jika membeli dengan kredit, utamakan mengambil kredit dari bank yang telah bekerja sama dengan pihak pengembang agar prosedur administrasi lebih ringkas.

Untuk penyewaan unit apartemen dalam kondisi full furnish, harus pula disediakan dana untuk mengisi perlengkapan ruangan interiornya.

Reputasi pengembang

Berkaitan dengan tingkat kepercayaan untuk menyelesaikan pembangunan apartemennya.

Faktanya; sejumlah apartemen tak kunjung diselesaikan oleh pengembangnya. Begitu juga dengan pengalaman pengembang, akan sangat menentukan kualitas bangunan dari apartemen tersebut.

Return On Investment

Berapa imbal hasil yang Anda harapkan dari investasi apartemen Anda. Karena pendapatan sewa apartemen mirip dengan pendapatan bunga deposito dan kupon bunga obligasi, maka orang biasanya menggunakan patokan bunga deposito sebagai patokan terendah.

Tapi Anda juga bisa mengharapkan ROI lebih tinggi lagi. Alasannya; karena investasi apartemen adalah jangka panjang (lebih dari 5 tahun), jadi Anda juga bisa memakai patokan imbal hasil obligasi pemerintah dengan jangka waktu menengah dan jangka panjang.

Sebagai contoh, jika saat ini deposito berkisar 6% p.a, dan obligasi pemerintah jangka menengah dan jangka panjang 9% – 12%; maka Anda bisa mematok ROI investasi apartemen Anda sesuai atau sedikit lebih tinggi dari patokan tersebut.

Selanjutnya tinggal mencari apartemen yang bisa memberikan potensi ROI sesusai target Anda.