Kantor Berita Cina Prediksi Hasil Pemilu Indonesia

virtual office jakarta - Hasil pemilihan umum pada 9 April 2014 kemarin rupanya telah diprediksi oleh Xinhua, kantor berita Cina. Dalam artikelnya yang berjudul “Indonesian Main Opposition Party to Win Upcoming Parliamentary Elections”, Xinhua menyebutkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan mendominasi pemilihan.

Dalam artikel yang diterbitkan pada Ahad, 6 April 2014, ini Xinhua mengutip pernyataan sejumlah pakar. Salah satunya Andrinof A. Chaniago.

Pakar kebijakan publik dari Universitas Indonesia ini mengatakan PDIP akan menjadi pemenang setelah Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo secara resmi diumumkan sebagai calon presiden dari partai ini.

Pernyataan senada diungkapkan Bambang Suryono, presiden organisasi penelitian akademis dari Nanyang ASEAN Foundation. Dia menyebutkan PDIP akan mendapatkan suara 28 hingga 30 persen.

Meski prediksi tersebut agak meleset-–perolehan suara PDIP hingga Kamis, 10 April 2014 pukul 11.00 hanya 19,72 persen--nyatanya partai yang diketuai oleh Megawati Soekarnoputri ini tetap mengungguli perolehan suara Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), yang masing-masing mendapat 14,57 persen dan 11,48 persen suara.

Kepada Xinhua, Bambang juga mengatakan keberadaan Jokowi yang sering disebut sebagai Obama-nya Jakarta banyak mempengaruhi partai berlambang kepala banteng itu. Bahkan ia juga memprediksi Jokowi hampir pasti akan memenangi pemilu presiden Juli mendatang.