Saksi Ahli: Penyebab Kematian Mirna Tidak Dapat Dipastikan


JAKARTA, KOMPAS.com - Ahli patologi anatomi, Gatot Susilo Lawrence, yang dihadirkan tim kuasa hukum Jessica Kumala Wongso, mengatakan, Wayan Mirna Salihin meninggal karena kekurangan oksigen.

Fakta tersebut didapat dari kondisi Mirna, salah satunya kondisi tubuh Mirna yang kebiruan sebagai akibat kekurangan oksigen.

"Fakta-fakta yang ada, fakta klinik, tiba-tiba dia (Mirna) pusing-pusing, ini tanda-tanda dia kekurangan oksigen. Mati jelas ada bukti, kekurangan oksigen itu ada," ujar Gatot dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (14/9/2016) malam.

Di sisi lain, lanjut Gatot, penyebab organ tubuh Mirna yang kekurangan oksigen tidak dapat dipastikan karena tidak dilakukan pemeriksaan secara keseluruhan.

"Tetapi, apa yang menyebabkan kekurangan oksigen itu tidak ada. (Rangkaian) ke belakangnya itu hilang," kata dia.

Gatot memastikan, berdasarkan hasil pemeriksan barang bukti oleh Puslabfor Polri, kematian Mirna tidak disebabkan oleh sianida. (Baca: Ahli Toksikologi Puslabfor Polri Tantang Kubu Jessica Buktikan Penyebab Kematian Mirna)

Mirna meninggal setelah meminum es kopi vietnam yang dipesan oleh Jessica di Kafe Olivier, Grand Indonesia, Rabu (6/1/2016). Jessica menjadi terdakwa kasus tersebut. JPU memberikan dakwaan tunggal terhadap Jessica yakni Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana.


Kompas TV
Saksi: Kalau Benar Ada Sianida, Tiosinat Harus Ditemukan
- harga lemari asam